Sabtu, 13 Oktober 2012

[ISLAM] Jilbab = Kerudung ???

Bismillahirrohmanirrahim
Assalamu'alaikum wr.wb

Di Indonesia, pemeluk agama islam tuh terbesar loo, berati kalo gitu yang pakai jilbab atau kerudung juga banyak dong ya ?? :) Harusnya sih memang begitu, tetapi semuanya tergantung kepada cara masing-masing orang memandang. Btw, sering dengar kan orang bilang kalau jilbab itu kerudung dan kerudung itu jilbab ? :O
Apakah memang keduanya sama ? Atau gimana ? :3
Pembaca yang budiman, Jilbab dan kerudang pada dasarnya berbeda.
Jilbab adalah pakaian muslimah yang menutupi auratnya secara sempurna dari ujung rambut-nya hingga telapak dan jari kakinya, pakaian yang longgar sehingga tidak nampakkan lekuk indah tubuhnya. Sedangkan,
Kerudung atau kudung, yang dalam bahasa arabnya khimar (jamak: khumuur) adalah bagian dari jilbab, yakni kain yang menutup rambut, telinga, leher, punggung dan dada.
Ditengah masyarakat khususnya Indonesia (^..^), Jilbab disini kebanyakan diartikan sebagai kerudung, jadi meskipun bawahnya pakai legging dan T-shirt yang ekstra ekstra ketat asalkan dia sudah memakai penutup kepala, dia sudah menganggap dirinya berjilbab.  Padahal, ini jelas bertentangan dengan apa yang diajarkan islam. Coba deh kita perhatikan firman Allah dan tafsirnya sebagai berikut:
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

[1232] Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.

Nah, sekarang kita udah tau ya, apa perbadaan jilbab dan kerudung. Jadi seribet apapun kita berkerudung jika kita tidak berjilbab itu tetap tidak syar'i. Kita perbaiki pelan-pelan ya. Niatkan untuk Allah. Karena memakai jilbab itu aurat. :)

"Sesungguhnya solatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk-MU ya Allah"


0 komentar:

 

My Lost Story Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template